Se Kalimat "Coretan Tinta Merah" Akan Mengukir Seribu Makna Dalam Segala Fenomena Kehidupan.

Rabu, 24 Februari 2016

Sejarah Papua


Pemerintah Belanda Resmi membuka Pos pertama di Enarotali pada 10 November 1938, dengan Jf Stutterheim sebagai pejabat Assisten Controleur. kantornya terletak di bibir danau Paniai sebelah Tenggara.
Namun, sebelum masyarakat di wilayah pegunungan ini sduah dikunjungi oleh berbagai ekspedisi yang dilakukan sejak Jan Cartensz melihat benda putih di puncak pegunungan pada februari 1623. Wilayah Onderfafdeling ini diberi nama Wisselmeren, untuk menyebut keberadaan ketiga danau purba yang terdapat di dalam wialayh tersebut yaitu Paniai , Tigi dan Tage.
Para misionaris juga memberi andil pada bersentuhnya warga  setempat dengan dunia luar ( agama maupun pendidikan formal) di wilayah yang sekarang membentuk wilayah Kabupaten Intan Jaya. Tercatan antara lain Tillemans, Seorang pastor yang terkenal sebagai penjelajah lalui guru Rhein Tetelepta ( bersama-sama Muis dan pendeta troumant) yang mendirikan rumah-rumah guru Zending di di Homeyo pada tahun 1949.
Pada masa pendudukan jepang, HPB de Bruijn terpaksa mengungsi ke Asutralia dengan membawa  serta 26 pemuda Moni dan Ekar. Para pemuda ini sebagioan bergabung denga Batalyom Papua di Merauke  pasca jepang menyerah pada tahun 194. Sedangkan sebagai lagi memilih masuk Sekolah Guru Agama Katholik dan Protestan CAMA Diantara yang masuk Sekolah Guru Agama ini adalah pemuda Martinus Zonggonau (Katholik),  Intan Zonggonau (Katholik) dan Matheus Zonggonau ( Katholik) (baca buku 30 tahun Kabupaten Paniai)
Peralihan kekuasaaan atas Irina Barat dari UNTEA kepada Rebublik INdonesia pada tahun 1 meu 1963 dan wilayah pegunungan tenga termasuk Wilayah Kabupaten Adminitratif Pegungan Jaya WIjaya dan beribukota di wamena. Barulah pada tahun 1965, Kabupaten tersebut dimekarkan dan daerah daerah yang termasuk wilayah KPS Paniai dan KPS Tigi dijadikan Kabupaten Administrastif Pegungna Jayawijaya Bagian Barat dengan  Ibukota Enaritali.
Namum Pegungan Jayawijaya Bagian Barat entah bagaimana tidak bertahan, dan kemudian lebih dikenal dengan nama Pania, yang nerujuk pada nama salah satu danau purba di gugusan danau- danau Wissel.
Kabupaten Intan Jaya merupakan bagian dari Paniai yang mengalami pemekaran menjadi Kabupaten baru,  yaitu Intan Jaya dengan Ibu KOta Sugapa dan Deiya dengan ibu kota waghete. Hal ini sesuai dengan peraturan  Pemerintah (PP) nomor 52 tahun 1996 mengenai pembentukan kabupaten Puncak Jaya,
Kabupaten Nabire dan pemindahan Ibukota Kabupaten Dati II Pania.  Kabupaten ini telah dimekarkan menjadi 3 Kabupaten yaitu : Paniai (Enarotali), Nabire (Nabire) dan Punjak Jaya (Mulia)
Wilayah Kabupaten Intan Jaya berasal dari sebagian wilayah Kabupaten Paniai yang terdiri atas cakupan wilayah : Distrik Sugapa, Distrik Homeye, Distrik Wandai, Distrik Biangdoga, Distrik Agisiga dan Distrik Hitadipa



sumber :  Profil Kabupaten Intan Jaya BAPPEDA Intan Jaya 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Media Text

Media Text

Profil Text

Seiring dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Tegnologi (IPTEK), belahan dunia lain (terutama Negara-negara Maju) berlomba-lomba meraih Impian yang di dambakan pada setiap Negara. Belahan dunia lain masih terbelakng; hal ini melatarbelakangi dari berbagai faktor; salah satunya adalah terbatasnya layanan IPTEK terhadap masyarakat umum. Melihat segala fenomena dalam kehidupan bangsa dan negara, maka Blogspot "WAIKATO NEWS" hadir untuk mencoba mengemukakan Opini, gagasan, ide melalui tulisan dari berbagai aspek kehidupan.

 

Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Visitor

Flag Counter

Music Papua

Post Populer

 

Templates by Kidox Van Waikato | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger